Sejarah dan Perbedaan Cap Badak dengan Cap Kaki 3
Kelompok EMAS
SEJARAH LARUTAN CAP BADAK DENGAN CAP KAKI
3
Sejarah
larutan penyegar Cap Badak sejatinya berkaitan dengan sejarah merek yang saat
ini menjadi seteru utamanya, Cap Kaki Tiga. Pada
tahun 1978, PT. Sinde Budi menerima lisensi untuk penggunaan merek dagang Cap
Kaki Tiga dari Wen Ken Drug Singapore. Namun kemudian Wen Ken Drug Singapore
mengalihkan lisensi itu kepada PT. Kinocare Era Kosmetindo. Konsekuensinya, PT.
Sinde Budi tidak boleh lagi menjual merek Cap Kaki Tiga. Sebagai gantinya, PT.
Sinde Budi mengeluarkan produk larutan penyegar dengan merek Cap Badak.
Pecah kongsi tatkala seperti ini lumrah terjadi. Franchisee,
pemegang lisensi, atau distributor yang merasa berjasa membesarkan merek tentu
tidak tinggal diam. Jika produk tersebut mudah ditiru, tentu mereka akan
membuat merek tandingan. Jika produknya berteknologi tinggi, mereka mengambil
produk kompetitor untuk dibesarkan.
Ternyata dalam perkembangannya, Cap Badak mampu bersaing dengan
Cap Kaki Tiga. Meski demikian, Jony Yuwono dari PT. Sinde Budi mengatakan bahwa
isu pergantian merek ini bukanlah hal yang mudah. Untuk mendidik pelanggan,
menurut Budi, perusahaannya memerlukan waktu kurang lebih setahun. Usaha ini,
menurut Budi membawa hasil positif. Ia menarik kesimpulan ini berdasarkan
sebuah hasil survei, yang mengungkapkan bahwa orang lebih mengingat gambar
badak ketimbang tulisan merek.
Setelah kehilangan hak menggunakan nama Cap Kaki Tiga, keputusan
PT. Sinde Budi mengeluarkan nama dan logo baru untuk produk larutan penyegarnya
memang langkah yang logis. Meskipun bisa dikatakan melahirkan merek baru, tapi
latar belakang historis serta kemiripan visual dan pola komunikasi yang
diterapkan, namun strategi inilah yang dijalankan lebih mirip dengan dengan
pemerekan kembali (rebranding).
Pemerekan kembali bisa dilakukan terhadap nama, logo, ataupun
slogan. Tujuannya membangun identitas baru untuk kemudian ditanamkan di benak
pelanggan, investor, pemasok, dan juga pesaing. Pemerekan kembali dapat
dilakukan untuk merek baru, merek mapan, maupun yang masih dalam tahap
pengembangan.
Perbedaan produk
minuman
|
|
Larutan cap kaki 3
|
Larutan cap badak
|
8 varian rasa
|
7 varian rasa
|
Ketebalan kaleng lebih tipis
|
ketebalan kaleng lebih tebal
|
Aroma dan rasa minuman lebih terasa
|
Aroma dan rasa minuman kurang terasa
|
Harga lebih murah Rp. 6.700,00
|
Harga lebih mahal Rp. 7.000,00
|
Nice info
BalasHapusGood
BalasHapusunch
BalasHapusuh wow baguss bet dah ah...
BalasHapusOh yesss, very nice
BalasHapusNice info
BalasHapusBagus
BalasHapusAh masaaa?..
BalasHapusGood
BalasHapusNaik bus di Bungur Asih
BalasHapusPerjalanan jauh akan ditempuh
Cukup sekian dan terima kasih
Bagus infonya,terimakasih
BalasHapusNice infoo
BalasHapusBermanfaat sekali artikelnya😊
BalasHapusSo good
BalasHapusMantap gan
BalasHapusNice Infoo
BalasHapusGood infooo
BalasHapusWah info yg bermanfaat
BalasHapusnice info
BalasHapusUdah dikomen ya
BalasHapuskerennn
BalasHapusgood larutannya
BalasHapusmantap infonya sistt
BalasHapusJangan kisah cinta kita yang larut
BalasHapusInformasi baru buat gue nih mantap dah
BalasHapusNice sisturrrr
BalasHapusMantap
BalasHapusAku pilih minum ini pas panas dalem loh
BalasHapusMantappp infonya
BalasHapusNice
BalasHapusSipp
BalasHapus